Ketika bekerja dengan teks dalam Excel, seringkali kita perlu mengambil bagian tertentu dari teks yang ada seperti karakter pertama, karakter terakhir, atau sejumlah karakter tertentu di tengah teks. Untuk tugas-tugas seperti ini, Excel menyediakan fungsi LEFT, RIGHT, dan MID.
Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menggunakan ketiga fungsi ini untuk mengelola teks di Excel.
1.) Fungsi LEFT
Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter tertentu dari sisi kiri teks yang ada. Contohnya, jika Anda ingin mengambil karakter pertama dari teks dalam sel, fungsi LEFT adalah pilihan yang tepat.
2.) Fungsi RIGHT
Fungsi RIGHT mirip dengan LEFT, tetapi sebaliknya. Ini digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari sisi kanan teks yang ada.
3.) Fungsi MID
Fungsi MID digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari bagian tengah teks, dimulai dari posisi tertentu. Ini sangat berguna ketika Anda perlu mengekstrak bagian spesifik dari teks yang terletak di tengah.
- teks: Teks atau referensi sel yang berisi teks dari mana karakter akan diambil.
- posisi mulai: Posisi awal dalam teks dari mana pengambilan karakter akan dimulai (angka).
- jumlah karakter: Jumlah karakter yang ingin diambil dari teks (angka).
Fungsi LEFT, RIGHT, dan MID di Excel secara umum berguna untuk mengelola teks dalam spreadsheet. Dengan pemahaman tentang cara menggunakan ketiga fungsi ini,
Anda dapat dengan mudah mengambil bagian-bagian teks yang Anda butuhkan untuk analisis atau pemformatan yang lebih baik. Excel adalah alat yang kuat untuk mengelola data teks, dan pengetahuan tentang fungsi ini akan membantu Anda menjadi lebih efisien dalam pekerjaan Anda.
Apabila Anda memiliki minat yang lebih dalam mempelajari Microsoft dan sistem lainnya dengan lebih mendalam, Anda bisa mendaftarkan diri mengikuti program studi Teknologi Informasi.
Selain memberikan bekal secara teori akademik, Universitas Mahakarya Asia juga melatih para mahasiswanya untuk terjun ke dunia kerja secara langsung. Berbagai bidang yang ingin Anda kuasai ada di sini. DY