5 Hal Mengapa Marketing Automation menjadi senjata andalan masa depan

       Persaingan yang semakin ketat di dunia bisnis, mau tidak mau memaksa kita harus jeli dalam memilih strategi bisnis. Jeli dalam merancang strategi pemasaran serta penjualan. Dan jangan lupa, harus pandai memilih senjata andalan pemasaran di masa depan. Mau menggunakan sosial media, website, email marketing, whatsapp marketing, marketplace, radio, televisi, billboard, baliho, televisi atau kombinasi cantik sekaligus efisien diantara berbagai pilihan tersebut? Manapun yang anda pilih, Marketing Automation, sedang menjadi primadona, karena dengan marketing automation, apa yang biasanya dilakukan oleh manusia, bisa dilakukan oleh robot-robot dalam website yang dikendalikan lewat pemrograman, yang saat ini bisa dimanfaatkan oleh orang awam sekalipun. 

        Pertarungan di dunia bisnis memang kejam. Hampir setiap bulan, di Jogja, ada cafe dan resto baru yang buka, begitu juga mereka yang tutup, atau mati suri, hidup segan mati tak mau. yang pernah ke jogja, akan bisa melihat resto dan cafe, di sepanjang perjalanan. Cafe, Resto tumbuh dari kota, bahkan sampai ditengah sawah, dipuncak gunung bahkan dan ditengah hutan. Industri pariwisata, memang membawa berkah, banyak masyarakat desa, yang dulu tidak ikut menikmati gurihnya kue pariwisata, saat ini bisa menikmati. Mulai dari gunung kidul, kulon progo dan tentu saja kabupaten sleman, benar-benar hidup dari mereka yang ingin healing, baik penduduk lokal, pelancong nusantara maupun turis manca negara. Namun dibalik gemerlapnya dunia pariwisata tersebut, tidak sedikit yang bisnisnya bertumbangan, karena imbas persaingan. 

      Bagi mereka, yang membuka dan menjalankan bisnis dengan cara biasa, maka mereka akan menjadi korban pesatnya teknologi yang mendukung dalam meningkatkan penjualan. Beberapa dekade silam, iklan di koran dan radio, penyebaran brosur, spanduk dan baliho menjadi andalan. Tetapi masa itu telah berlalu, tiba saatnya hampir semua berlomba-lomba, menggunakan sosial media sebagai andalan. Tapi jangan salah, sebenarnya sosial media itu, di dunia pemasaran seperti taksi, angkot dan ojek yang membawa penumpang dan calon pembeli, ke toko atau mall dimana terjadi penjualan. Toko dan Mall di dunia penjualan disebut sebagai website dan marketplace, dimana transaksi terjadi. Lalu mengapa marketing automation, bisa menjadi pilihan masa depan?

 

5 Hal Mengapa Marketing Automation menjadi senjata andalan masa depan

Marketing automation adalah proses penggunaan teknologi untuk mengotomatisasi, mengukur, dan meningkatkan aktivitas pemasaran secara online. Dengan marketing automation, bisnis dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga kerja, serta meningkatkan kinerja, konversi, dan loyalitas pelanggan.

Berikut adalah 5 hal mengapa marketing automation menjadi senjata andalan masa depan:

  1. membantu bisnis menjangkau audiens yang tepat di waktu yang tepat dengan pesan yang relevan dan personal. Hal ini dapat meningkatkan tingkat respons, engagement, dan retensi pelanggan.
  2. membantu bisnis mengumpulkan, menganalisis, dan memanfaatkan data pelanggan secara lebih efektif dan efisien. Hal ini dapat membantu bisnis memahami perilaku, preferensi, dan kebutuhan pelanggan, serta menyesuaikan strategi pemasaran sesuai dengan hasil analisis data.
  3. membantu bisnis mengoptimalkan proses pemasaran dari awal hingga akhir. Hal ini dapat membantu bisnis mengatur dan menjalankan kampanye pemasaran secara otomatis, mengintegrasikan berbagai kanal pemasaran, menguji dan mengukur efektivitas kampanye, serta meningkatkan ROI (return on investment) pemasaran.
  4. membantu bisnis berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan pasar dan kebutuhan pelanggan. Hal ini dapat membantu bisnis menciptakan konten yang menarik dan bermanfaat, menawarkan solusi yang sesuai dengan masalah pelanggan, serta menciptakan pengalaman pelanggan yang unik dan menyenangkan.
  5. membantu bisnis bersaing dan unggul di era digital yang semakin kompetitif dan dinamis. Hal ini dapat membantu bisnis membangun merek yang kuat dan terpercaya, meningkatkan loyalitas dan advokasi pelanggan, serta memperluas jangkauan dan pangsa pasar.

    Marketing automation adalah senjata andalan masa depan yang dapat membantu bisnis mencapai tujuan pemasaran dengan lebih mudah, cepat, dan efektif. Dengan marketing automation, bisnis dapat memberikan nilai lebih kepada pelanggan dan meningkatkan pertumbuhan dan profitabilitas bisnis. Lalu apa rencana anda?

    Apapun rencana anda, mulailah dari mempersiapkan tim pemasaran dan penjualan anda, dengan Upskilling, belajar hal baru di dunia pemasaran, kenali lebih jauh berbagai senjata pemasaran dan penjualan terkini, tak terkecuali Marketing Automation. 5 teknologi yang tentu anda dan tim pelajari juga adalah yang terkait Artificial Intelligence yang heboh baru-baru ini karena kehadiran Chat GPT. Padahal, bukan hanya itu saja, kemampuan artificial intelligence. Anda juga bisa belajar tentang Customer Relationship Management (CRM), Omnichannel Marketing, Project Management dan Neuro Linguistic Programming (NLP). 

    Asia Coaching Mentoring, hadir untuk mendampingi anda dan tim, mengenali, mendalami dan mempraktekkan 5 teknologi tersebut, untuk memenangkan persaingan bagi bisnis anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *