3 Langkah, menggunakan Marketing Automation Meningkatkan Penjualan

Dengan menggunakan marketing automation untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat seperti:

  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas tim pemasaran Anda
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas prospek atau calon pelanggan
  • Meningkatkan tingkat konversi dari prospek menjadi pelanggan
  • Meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan
  • Meningkatkan pendapatan dan profit bisnis Anda

webinar1
Jadi tunggu apa lagi? Mulailah menggunakan marketing automation untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda sekarang juga!

 

Eitt… tunggu dulu, pastikan anda pahami langkah-langkah berikut, sebelum anda benar-benar berinvestasi pada berbagai platform dan tools terkait marketing automation ya. 

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan bisnis Anda dengan cara yang efektif dan efisien, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan marketing automation. Marketing automation adalah sebuah sistem yang memungkinkan Anda untuk mengotomatisasi berbagai proses pemasaran, seperti mengirim email, mengelola kontak, mengukur performa, menjawab konsumen dengan chatbot, dan masih banyak fitur yang  lainnya. Dengan marketing automation, Anda bisa menghemat waktu, biaya, dan tenaga, serta meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan.

 

Berikut ini adalah 3 langkah yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan marketing automation untuk meningkatkan penjualan:

– Langkah 1: Tentukan tujuan dan strategi Anda. Sebelum Anda memilih dan menggunakan platform marketing automation, Anda perlu menentukan apa tujuan dan strategi Anda dalam melakukan pemasaran. Apakah Anda ingin meningkatkan awareness, engagement, konversi, atau retensi? Siapa target pasar Anda? Bagaimana cara Anda menjangkau dan menarik mereka? Apa pesan dan nilai yang ingin Anda sampaikan? Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dengan jelas dan spesifik agar Anda bisa menentukan langkah selanjutnya.

teamcoaching-1

– Langkah 2: Pilih platform marketing automation yang sesuai. Setelah Anda menentukan tujuan dan strategi Anda, Anda perlu memilih platform marketing automation yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Ada banyak platform marketing automation yang tersedia di pasaran, seperti HubSpot, Mailchimp, ActiveCampaign, dan lainnya. Setiap platform memiliki fitur, kelebihan, dan kekurangan yang berbeda-beda. Anda perlu membandingkan dan mengevaluasi platform-platform tersebut berdasarkan kriteria seperti kemudahan penggunaan, integrasi dengan alat-alat lain, dukungan teknis, harga, dan lainnya.

– Langkah 3: Implementasikan dan optimalkan marketing automation. Setelah Anda memilih platform marketing automation yang sesuai, Anda perlu mengimplementasikan dan mengoptimalkan marketing automation sesuai dengan tujuan dan strategi Anda. Anda perlu membuat konten yang menarik dan relevan untuk target pasar Anda, seperti email, landing page, form, e-book, dll. Anda juga perlu membuat segmentasi kontak pelanggan berdasarkan karakteristik dan perilaku mereka, seperti demografi, lokasi, minat, riwayat pembelian, dll. Selain itu, Anda perlu membuat drip campaign atau kampanye email yang dikirim secara berkala kepada pelanggan dan calon pelanggan dengan tujuan tertentu, seperti mengedukasi, memberi informasi, memberi penawaran spesial, dll. Terakhir, Anda perlu mengukur dan menganalisis performa marketing automation Anda dengan menggunakan metrik-metrik seperti open rate, click rate, conversion rate, revenue generated, dll.

Asia Coaching Mentoring, didirikan oleh Universitas Mahakarya Asia, dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakan untuk meningkatkan omset penjualan, merawat bisnis agar umur panjang, serta tentu saja membuat bisnis anda unggul dalam menghadapi persaingan di era disruption digital luar biasa ini. Asia Coaching Mentoring memiliki berbagai layanan dalam bentuk training, coaching, consulting tentu saja mentoring. Selain itu juga ada berbagai aplikasi gratis, ecourse ebook dan media pembelajaran lainnya, 

Silakan mengikuti berbagai event yang diselenggarakan oleh Asia Coaching Mentoring. 

 

One thought on “3 Langkah, menggunakan Marketing Automation Meningkatkan Penjualan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *